Just another WordPress.com site

Video Game adalah sebuah permainan dengan dengan tampilan sebuah gambar atau visual yang dapat memberikan respon balik jika diberikan perintah-perintah tertentu menggunkanan alat kontrol pada seperangkat sistem elektronik. Kata Video Game pada dasarnya mengacu pada istilah “raster display device” . Banyaknya jenis sistem yang digunakan untuk menggenerate display game senghingga dinamakan platform, contok Personal Computer dan konsol. Media yang diggunakan sebagai input data untuk memanipulasi/memainkan game dinamakan Cotroller, controller pada konsol dinamakan Joystick, sebuah papan portable berisi tombol-tombol untuk memasukan perintah-perintah pada game. Controller pada PC tetap berupa keyboard dan mouse yang digunakan bersamaan secara simultan.

Sejarah Video Game

Penemuan video game pertama kali adalah sebuah dasar game yang dibuat berupa alat elektronik yang bisa berinteraksi dengan penuh game pertama kali 947, idenya berupa “Cathode Ray Tube Amusement Device” dibuat oleh Thomas T. Goldsm Penggguna/users dengan berbagai format tampilan. Conto

dibuat pada tahun 1th Jr. dan Estle Ray Mann. Dua orang tersebut mematenkan pada tanggal 25 Januari 1947, yang mana telah mendapatkan pengakuan pada tanggal 14 Desember 1948 sebagai U.S paten No. 2455992. Diinspirasi oleh tampilan pada sebuah radar, alat tersebut menampilkan sebuah tampilan analog yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol sebuh titik pada layar yang disimulasikan sebagai peluru/misil yang ditembakkan pada sebuah target. Contoh lain ada pada komputer NIMROD pada festival Inggris tahun 1951. Alexander S. Douglas membuat OXO untuk sebuah EDSAC di tahun 1952. Tahun 1958, William Higinbotham mengembangkan sebuah game interaktif yang dinamakan Tennis for Two. Beberapa mahasiswa dari MIT,martin Graetz, Steve Russell, dan Wayne Wiitanen membuat r yang bernama DEC PDP. cahaya untuk memainkan game Nim, OXO menggunakan gambar grafik MSpacewar pada sebuah computer NIMROD menggunakan sebuh pangame yang samping permainan tenis, dan Spacewar menggunakan gambar vektor untuk menampilkan kapal yang perang satu sama lain.

 

Permainan Tennis for Two dibuat oleh

William Higinbotham

Pada tahun 1971, Computer Space telah merilis dan menjual video game secara komersial yang dioperasikan dengan memasukkan sebuah koin untuk menyewanya. Dibuat oleh Nolan Bushnell dan Ted Dabney, perangkat ini digunakan sebagai standar game. Sistem ini diikuti sistem game lainnya, yaitu versi arcade pada tahun 1972 yang bernama Atari dan Pong yang digunakan sebagai consol game yang dimainkan di rumah. perkembangan tersebut terus berlangsung hingga sekarang, dan makin banyak jenis/ genre game yang bisa dimainkan di berbagai platform game dengan perkembangan grafik yang terus meningkat.

 

Masa-masa kejayan game

Masa kejayaan online game pertama, ketika Ultima Online, EverQuest, dan

Asheron’s Call tidak memiliki saingan. Sukses pertama ketiga game inilah yang

memberikan inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain untuk memulai membuat

game online mereka sendiri.

Mulainya persaingan Mei 2001 – April 2002Pada masa ini perkembangan EverQuest

dan Asheron’s Call menurun drastis, bahkan Ultima Online kehilangan

pelanggannya. Ini disebabkan karena sejumlah game online baru memasuki pasar

dengan keunikannya masing-masing. Selain itu, pembatalan Electronic Arts untuk

membuat Ultima Worlds Online: Origin atau Ultima Online 2 juga membuat para

pemain kecewa. Electronic Arts memilih untuk berkonsentrasi pada terus

mengembangkan Ultima Online dan melebarkan sayap ke pasar Asia.

Sebenarnya, saat itu Electronic Arts juga memiliki kesulitan modal untuk Ultima

Online 2. Keputusan yang kontrovesial ini membuat banyak pelanggan Ultima

Online kehilangan antisipasi pada Ultima Online2 dan mencoba game-game lain.

Sebagian pelanggan lainnya berhenti bermain Ultima Online karena meramalkan

Ultima Online tidak akan bisa bersaing dengan game-game yang akan datang,

terutama dalam perihal grafik. lalu malapetaka berlanjut dengan direleasenya

expansi Ultima Online: Third Dawn, yang tidak sesuai dengan selera para gamer.

Selain itu, pada masa ini Anarchy Online dan Dark Age of Camelot memulai beta

test dengan konferensi pers yang memukau dan tidak tanggung-tanggung

mengeluarkan banyak biaya untuk iklan-iklannya. Pemain senior Ultima Online,

EverQuest, dan Asheron’s Call menemukan alternatif game yang belom pernah

mereka coba. Walau beberapa gamer memiliki banyak account dibermacam-macam

game, sebagian besar gamer hanya memiliki waktu untuk fokus pada satu game

saja. Anarchy Online memiliki sedikit masalah pada peluncurannya namun Dark Age

of Camelot memasuki pangsa pasar dengan sukses, mereka mendapatkan 200.000

konsumer pada peluncurannya.

Asheron’s Call bertahan sebentar dengan expansi Dark Majesty namun lalu

terinjak-injak oleh kemunculan game-game non-fantasy yang baru muncul seperti

Anarchy Online, Motor City Online, dan World War II Online. Motor City Online

mencapai puncak kesuksesannya pada bulan Juni lalu menurun sedikit demi sedikit.

Anarchy Online dan World War II Online merugi karena peluncuran yang buruk.

 

Mulai sepinya penggemar game online Mei 2002 – Oktober 2004

Ini adalah masa paling sulit bagi pasar game online. Walau besarnya prospek game

online terus meningkat pada tahun 2002 dan 2003, persaingannya juga semakin

ramai. Banyak game online yang dalam perkembangannya terpaksa menunda atau

bahkan dibatalkan. Game-game lama berusaha untuk mempertahankan pelanggan

mereka, jumlah pelanggan mereka naik turun dengan jumlah penurunan yang lebih

banyak dari kenaikan hingga akhirnya habis.

Kebanyakan game online yang baru memasuki pasar tidak mencapai target, bahkan

beberapa terpaksa menutup usahanya. Walau ada sedikit titik cerah seperti dengan

kemunculan Final Fantasy XI, RuneScape, Eve Online, dan City of Heroes diantara

Mei 2002 dan Mei 2003, pasar berkembang kurang dari 8%. Pada Januari 2004

hingga Oktober 2004 pasar menurun hingga hanya berkembang sebanyak 2%.

Pada penghujung tahun 2004 pasar game online menjadi sepi.

 

Kejayaan Warcraft November 2004 – Sekarang

Dimulai dengan direleasenya World of Warcraft, keadaan pasar game online

berubah drastis. World of Warcraft bukan hanya sukses, namun juga memegang

rekor yang sangat tinggi diantara game-game online yang bayar (Pay to

Play)lainnya. Walau sebagian besar pelanggan World of Warcraft berasal dari RRC,

sekarang jumlah pelanggan World of Warcraft di Eropa mencapai lebih dari satu

milyar sementara di Amerika Utara sekitar satu koma lima hingga dua milyar!

Kesuksesan World of Warcraft berasal dari Blizzard, yang selalu menelurkan

game-game yang memberikan pengalaman bermain yang unik.

Fitur-fitur yang ditawarkan World of Warcraft seperti kekompleksitasannya, mudah

dimainkan, dan perkembangan level mempengaruhi pengembangan game-game

online , terutama Dark Age of Camelot, EverQuest, dan serial Lineage.

Pada bulan Juni 2006; 93,5% dari pasar masuk dalam kategori RPG bertema fantasi;

4,1% dalam kategori RPG bertema sci-fi dan superhero; 0,3% adalah simulasi

perang dan FPS (First Person Shooting); dan 2,2% dalam kategori komunitas dan

lain-lain. Walau sepertinya fantasi lebiih digemari, para developer mengendus

prospek dalam game dengan latar belakang sci-fi.

Mereka melihat industri perfilman, dimana sci-fi memiliki kesuksesan yang jauh

lebih besar. Beberapa perusahaan berusaha untuk mengeksplorasi potensi ini,

seperti dengan direleasenya Auto Assault, City of Villains, Huxley, Seed, dan Tabula

Rasa. Perusahaan-perusahaan lainnya memilih untuk tidak mengambil resiko dan

menelurkan Age of Conan, Aion, Dungeons & Dragons Online, Gods & Heroes,

Hero’s Journey, Lord of the Rings Online, Soul of the Ultimate nation, Vanguard, dan

Warhammer Online, dan judul-judul lainnya.

 

Game online

PENGERTIAN DARI GAME ONLINE

Game Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet).

 

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN GAME ONLINE

Perkembangan game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games).

Lalu pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakin cepat

PERKEMBANGAN GAMES ONLINE DI INDONESIA

Menurut Ligagame Indonesia(ligagames.com), game online muncul di Indonesia pada tahun 2001, dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang beredar di Indonesia sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun RPG(role-playing game). Tercatat lebih dari 20 judul game online yang beredar di Indonesia. Ini menandakan betapa besarnya antuiasme para gamer di Indonesia dan juga besarnya pangsa pasar games di Indonesia. Berikut adalah game online yang hadirl di Indonesia:

 

Nama Games

Muncul Tahun

Pemegang Lisensi

Tipe Game

Tipe grapis

Status

Nexia 2001 BolehGame RPG 2D Ditutup thn 2004
RedMoon 2002 RPG 2,5D Ditutup thn 2005
Laghaim 2003 Boleh Game RPG 3D Ditutup thn 2006
Ragnarok 2003 Lyto RPG 3D Masih
GunBound 2004 Boleh Game Action RPG 3D Masih
Xian 2004 Boleh Game Strategy RPG 3D Masih
Risk Your Life 2004 Dream Web Tech Action RPG 3D Masih
Tantra 2004 Playon RPG 3D Masih
Survival Project 2004 Playon RPG 2D Ditutup thn 2006
GetAmped 2005 Lyto RPG 2,5D Masih
Stargate 2005 Borneo X RPG 2D Ditutup thn 2006
TS 2005 Global World Technology RPG 2D Ditutup thn 2008
O2jam 2005 Infomedia Nusantara Musical 3D Masih
Pangya 2005 Boleh Game Sport 3D Ditutup thn 2008
Knight 2005 Infomedia Nusantara RPG 3D Ditutup thn 2007
Vital Sign 2005 FPS 3D Ditutup thn 2007
SEAL 2006 Lyto RPG 3D Masih
RAN 2006 Jaspace RPG 3D Masih
Deco 2006 Playon RPG 3D Masih
AyoDance 2006 Maxus Infotech Musical 3D Masih
DOMO 2007 Datakom Wijaya Pratama RPG 3D Masih
Angle Love 2007 WaveGame RPG 3D Masih
Rising Force 2007 Lyto RPG 3D Masih
Ghost 2007 Kreon RPG 2D Masih

 

Selain game diatas, ada juga game-game seperti Warcraft, Counterstrike, Age Of Empire, Need For Speed Series yang juga banyak menyita perhatian para gamer di Indonesia walaupun tidak sebesar game – game yang disebutkan diatas. Contohnya Countersrtike lebih lancar dimainkan pada mode LAN dibandingkan internet karena latencynya yang besar dan servernya kurang cepat sehingga sewaktu bermain game ada jeda membuat gamers menjadi tidak nyaman, begitu juga halnya dengan Warcraft dan Age of empire.

 

TIPE-TIPE GAME ONLINE

  • First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).
  • Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
  • Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
  • Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
  • Massive Multiplayer Online Games, adalah  game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata

 

Bedasarkan teknologi grafis

ü  2 Dimensi, game yang mengadopsi teknologi ini rata-rata game yang termasuk ringan, tidak membebani system. Tetapi game dengan kualitas gambar 2D tidak enak dilihat apabila dibandingkan dengan game 3D sehingga rata-rata game online sekarang mengadopsi teknologi 2,5D yaitu dimana karakter yang dimainkan masih berupa 2D akan tetapi lingkungannya sudah mengadopsi 3D.

ü  3 Dimensi, game bertipe 3 DImensi merupakan game dengan grapis yang baik dalam penggambaran secara realita, kebanyakan game-game ini memiliki perpindahan kamera (angle) hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan dunia games tersebut. Akan tetapi game 3D meminta spesifikasi komputer yang lumayan tinggi agar tampilan 3 Dimensi game tersebut ditampilkan secara sempurna.

DAMPAK BAIK DAN BURUK DARI GAME ONLINE

ü  Game online muncul tidak hanya mempengaruhi kehidupan social pemainnya dalam dunia nyata tetapi juga terkadang mempengaruhi kejiwaan seseorang apabila memainkannya terlalu lama. Seperti yang dilansir ketok.com, gara-gara sebuah game, seorang pemuda di amerika serikat nekad menusuk temannya sendiri. Bahkan anak-anak yang kecanduan bermain game sering membolos dari sekolahnya agar bisa melanjutkan petualangannya di dunia maya.

ü  Akan tetapi dari segi bisnis, game online masih memiliki prospek bagus kedepannya. Dengan kehadiran games online ini, orang-orang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri yaitu games center, atau menjadi pengembang games sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Game online juga bisa meningkatkan kemampuan bekerja sama pada otak anak seperti yang dilansir ketok.com.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: