Just another WordPress.com site

SWISS (Suara Media News) – Solar Impulse, yang menjadi pelopor pesawat terbang tenaga surya, sukses melakukan uji coba penerbangan di langit Swiss bagian barat pekan ini.

“Belum pernah ada pesawat terbang seperti itu di angkasa. Ini adalah sebuah karya yang tidak biasa,” kata Bertrand Piccard yang turut dalam proyek penerbangan pesawat tenaga surya ini, diberitakan oleh AFP.

Purwarupa berteknologi tinggi ini terbang dengan kecepatan 45 kilometer per jam, setelah melaju beberapa ratus di landasan pacu Payerne.

Didorong oleh empat motor listrik berkekuatan 10 tenaga kuda, pesawat berperawakan ramping dengan satu orang penumpang ini secara perlahan mampu mencapai ketinggian hingga 1.200 meter.

Setelah 87 menit mengudara, Solar Impulse pun mendarat dengan mulus kembali ke landasan.

“Semua bekerja dengan baik, sebagaimana mestinya. Uji coba penerbangan berlangsung sukses. Kami bisa menjalankan program penerbangan dan kembali mendarat dengan selamat,” ujar pilot Markus Scherdel.

Proyek pembuatan Solar Impulse memakan waktu tujuh tahun, serta melibatkan 70 orang tim ahli. Rencananya, tim ahli ini juga akan membangun pesawat tenaga surya lainnya yang akan melakukan perjalanan keliling dunia dalam lima tahap di 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: